JARINGAN KOMPUTER

Selasa, 11 Oktober 2011 0 komentar

JARINGAN KOMPUTER
          Jaringan computer adalah sebuah jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan computer lain. dan sebuah system yang terdiri atas computer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, cpu) berkomunikasi dan dapat mengakses informasi. Tujuan jaringan komputer adalah untuk membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk, Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting, Akses informasi: contohnya web browsing.
MODEL JARINGAN
          Menurut fungsi computer pada sebuah jaringan, maka model jaringan computer dapat dibedakan menjadi dua model, yaitu:        
1.     Jaringan peer to peer atau point to point
Jaringan peer to peer merupakan jaringan dimana setiap computer berperan sebagai client sekaligus berperan sebagai server. Di dalam jaringan ini tidak banyak computer yang di gunakan.

Kelebihan :
·  - Antara computer satu dengan computer lainnya dapat berbagi fasilitas yang dimiliki oleh setiap computer seperti: harddisk, drive, dan printer.
·  - Biaya operasional lebih murah ,karena tidak diperlukan adanya server untuk menyediakan fasilitas jaringan.
· - Kelangsugan jaringan tidak tergantung pada server, sehingga jaringan secara keseluruhan akan baik-baik saja dan tidak mengalami gangguan.
Kekurangan :
·        Setiap computer harus mengelola pekerjaan/aplikasi sendiri sehingga unjuk kerja lebih rendah.
·        Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user.
·        Backup harus dilakukan oleh masing-masing computer tersebut.

2.     Jaringan client-server

Jaringan client-server adalah sebuah jaringan yang di dalamnya ada yang berperan sebagai client dan berperan sebagai server yang terdiri dari banyak client dari 1 server atau bahkan lebih server . Client berperan sebagai pengguna dari fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh server. Sedangkan server penyedia fasilitas-fasilitas untuk diberikan kepada client.

Kelebihan :
·   -    Kecepatan aksesnya lebih tinggi karena pengelolaan jaringan dan penyedia fasilitasnya khusus dari 1 server sehingga server tidak sibuk dengan tugas-tugas yang lainnya.
·  -   System membackup data lebih baik karena server yang akan membackup seluruh data yang dipergunakan di dalam jaringan.
·   -    Dan, system keamanan dan administrasi juga lebih baik karena terdapat sebuah computer yang akan  menjadi administrator jaringan yang mengelola administrasi dan keamanan jaringan.

Kekurangan :
·    -   Biaya operasional lebih mahal
·   -  Apabila server mengalami gangguan maka seluruh jaringan akan terganggu karena kelangsungan jaringan semuanya tergantung pada server.
·   - Diperlukan 1 komputer yang khusus yang mempunyai kemampuan lebih untuk bertugas sebagai server.

Selain kedua type jaringan di atas terdapat pula type Jaringan Hybrid meliputi dari semua yang terdapat pada dua type jaringan yang d atas.
Kelebihannya sama dengan keuntungan menggunakan jaringan berbasis server dan berbasis peer. Dan memiliki kekurangan seperti jaringan berbasis server.
 
Peralatan jaringan

        Ada beberapa peralatan yang di gunakan di dalam jaringan, yaitu :
1.     Network Interface Card
2.     PCMCIA Network Interface Card
3.     Modem
4.     Hub/Switch
5.     Bridge
6.     Router
7.     Crimping Tools

KOMPONEN JARINGAN
Komponen Jaringan Komputer terdiri dari, yaitu :
  • Kabel
Kabel atau media penghubung jaringan merupakan komponen pokok dalam sebuah jaringan karena tanpa adanya media ini media ini sebuah jaringa tidak bisa berjalan atau tidak bisa disebut sebuah jaringan. Kabel dapat di bagi lagi menjadi:
o    Kabel Coaxial

 





  •  Kabel Twisted Pair
Standar kable ini dibagi dua, yaitu UTP cable (Unshielded Twisted Pair) dan STP cable (Shielded Twister Pair).
 


  •  Fiber Optic
Fiber Optic atau Serat Optic merupakan salah satu media transmisi data dalam jaringan komputer.
 



  • NIC atau Ethernet Card
Ethernet Card berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan network device. Kartu jaringan dengan arsitektur PCI ini dapat melayani transfer data hingga 100 MBps



























                  











  • Repeater
Repeater berarti pengulang. Berfungsi untuk mengulang atau memperkuat sinyal data yang melemah pada sepanjang kabel jaringan.




Switch dan Hub
switch dan hub adalah network device yang menghubungkan semua perangkat jaringan dengan menggunakan kabel-kabel yang ada (coaxial, UTP, maupun fyber optic).





  • Bridge
Fungsinya hampir sama dengan repeater, tapi bridge dapat menghubungkan antara jaringan yang menggunakan transmisi yang berbeda dan menghubungkan jaringan tipe kabel yang berbeda atau topology yang berbeda.
 



  • Router
Router adalah network device yang berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan yang berbeda. Router ini memiliki kesamaan dengan perangkat repeater yaitu untuk memperpanjang jaringan.
 

      

PROTOCOL
Protokol merupakan sejumlah operasi peralatan yang digunakan untuk komunikasi data. Protokol yang paling umum digunakan sehingga pasti dikenal oleh berbagai macam jaringan adalah protocol TPC/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Ibarat bahasa, TCP/IP adalah bahasa inggris yang merupakan bahasa internasional. Salah satu contoh protocol yang lain adalah IPX(InterPacket Exchange) yang digunakan system operasi Novell NetWare.

Ada beberapa jenis protocol yang sering digunakan, …
· 1.   TCP/IP (Transmision Control Protocol/Internet Protocol, digunakan untuk membangun jaringan internet
·   2.   IPX atau SPX ( Internetwork Packet eXchange ) atau SPX ( Sequence Packet eXchange ), digunakan untuk novel
·   3.  Net Bios (Network Basic Input Output System), digunakan untuk Microsoft.

TOPOLOGI JARINGAN
o    Topologi Bus
Topologi bus atau jalur komunikasi data yang menghubungkan seluruh computer. Komunikasi yang dilakukan dengan cara mengirim dan mengambil data disepanjang bus. merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel Coaxial menjamur

o    Topologi Ring
Topologi ring atau cincin jalur komunikasi data yang menghubungkan antara 1 komputer dengan computer yang lainnya hingga membentuk ring atau cincin. Komunikasi yang dilakukan secara berkeliling sepanjang jaringan.

 

o    Topologi Star
Topologi star atau bintang, masing-masing computer dalam jaringa dihubungkan ke pusat atau sentral dengan menggunakan jalur yang berbeda. Maka jika ada salah satu titik jaringan ada gangguan tidak akan mempengaruhi jaringan yang lain.
 









MEDIA TRANSMISI JARINGAN

Sesuai dengan fungsinya yaitu untuk membawa aliran bit data dari satu komputer ke komputer yang lain, maka dalam pengiriman data memrlukan media transmisi yang nantinya akan digunakan untutk keperluan transmisi. Setiap media mempunyai karakteristik tertentu, dalam bandwidth delay, biaya dan kemudahan isntalasi dan pemeliharaannya.

Media transmisi merupakan suatu jalur fisik antaran transmiter dan receiver dalam sistem transmisi data. Media transmisi dapat diklasifikasikan sebagai Guided atau terpandu dan unguided atai tidak terpandu, kedua-duanya dapat berbentuk dalam medan elektromagnetik. Dengan media yang terpadu, gelombang dipandu melalui sebuah media padat seperti kabel terpilin (twisted pais), kabel coaxial tembaga dan serat optik. Atmosfir dan udara adalah salahsatu bentuk dari unguided media, dalam transmisi ini biasa disebut juga wireless Transmision.
Beberapa faktor yang berhubungan dengan media transmisi dan sinyal sebagai penentu data rate dan jarak adalah sebagai berikut:
  • Bandwidth (Lebar Pita). Semakin besar maka semakin banyak pula data yang dapat dikirimkan.
  • Transmision Impairement (Kerusakan transmisi). Untuk media terpadu, kabel twisted pair secara umum mengalami kerusakan transmisi lebih dari pada kabel coaxial, dan coaxial mengamami kerusakan data lebih banyak daripada fiberoptik.
  • Interference (Interferensi). Interferensi dari sinyal damal pita frekuensi yang saling Overlapping dapat menyebabkan distorsi atau dapat merusak sebuah sinyal.
  • Jumlah Penerima (receiver). Sebuah media terpadu dapat digunakan untuk membawa sebuah hubungan piont-to-point atau sebuah hubungan yang dapat digunakan secara bersama-sama.

TIPE JARINGAN
          Berdasarkan ukuran dan luas cakupan wilayahnya, jaringan komputer dapat dibagi menjadi empat kelompok, yaitu sebagai berikut:
a.      LAN ( Local Area Network )
Jaringan LAN digunakan pada area yang bersifat lokal didalam satu bangunan atau sekelompok bangunan tertentu. Biasanya jaringan LAN berkecepatan tinggi dan dapat diakses setiap saat dan diawasi oleh satu administrator. Diasumsikan bahwa para pengguna dalam jaringan LAN tersebut dapat dipercaya. Artinya, tidak akan terjadi kebocoran data rahasia ke luar. Jaringan LAN dapat dibuat dengan media transmisi kabel maupun tanpa kabel (nirkabel).
b.     MAN ( Metropolitan Area Network )
Jaringan MAN adalah salah satu tipe jaringan yang sifatnya lebih luas jangkauannya dari pada LAN. MAN sering kali bertindak sebagai sebuah jaringan berkecepatan tinggi untuk memungkinkan pembagian sumber daya file. MAN sering kali digunakan untuk menyediakan koneksi ke jaringan-jaringan lain dengan menggunakan sebuah link ke WAN.
c.      WAN ( Wide Area Network )
Jaringan WAN digunakan untuk jaringan yang meliputi suatu wilayah geografi yang luas, dan menggunakan sirkuit-sirkuit komunikasi untuk menghubungkan titik-titik (node) tertentu. Jaringan dihubungkan dengan menggunakan sarana satelit ataupun kabel bawah laut.
d.     Internet
Internet adalah kependekan dari Interconnected Network, yaitu jaringan yang bersifat global atau mendunia. Internet juga serangkaian protokol yang mendefinisikan aturan-aturan bagaimana komputer-komputer daoat saling bertukar informasi satu dengan yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Search

KEPITING'clock

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

 

©Copyright 2011 Mengenal IT | TNB